Dr. Bronner's Organic Castile Liquid Soap - Review

Seiring bertambahnya usia, aku makin selektif dalam memilih produk dan lebih prefer menggunakan produk yang organik serta ramah lingkungan. Kenapa produk organik? karena produk organik biasanya tidak mengandung pengawet dan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan untuk jangka panjang kedepannya. Bagiku kesehatan itu nomer satu banget, apalagi kalau produk itu adalah produk yang sehari-hari kita gunakan. Beruntung banget aku bisa nyobain produk sabun organik yang tidak mengandung bahan kimia, pengawet, pewangi buatan, SLS, paraben, alkohol yaitu Dr. Bronner's Pure-Castile Liquid Soap. 

Jujur aku baru tau produk ini setelah produk ini masuk ke Indonesia, padahal produk ini sudah lama populer dan sangat laris di Amerika. Kenapa bisa populer banget? ternyata selain berbahan dasar organik dan ramah lingkungan, sabun ini juga sangat praktis dan serbaguna karena bisa buat nyuci apa aja, mulai dari sabun badan, sabun wajah, sabun cuci tangan, shampoo, pasta gigi, shaving cream, nyuci make-up brush, nyuci baju, bahkan aman untuk nyuci buah dan sayur! wow! bisa dibilang satu sabun untuk semua :)


Product descriptions:
18-in-1 Uses: body wash, hand wash, face cleanser, bath soak, foot soak, make up brush cleaner, shaving cream, shampoo, toothpaste, mouthwash, laundry, handwashing delicates, congestive remedy, pets spray, dish soap, all purpose cleaner, fruit and vegie rinse, and pet wash.

All Dr. Bronner's soaps are clinically proven to improve:
1. hydration, remove dead skin cells, tighten pores, maintain sebum level.
2. remove blackheads
3. improve skin radiance, facial lifting
4. your skin feels clean and moist without leaving any residue.

Certifications

*USDA Organic
*Oregon Tilth Certified Organic
*Regenerative Organic Certified
*Fair for Life
*NSF: Personal Care Products Containing Organic Ingredients
*Leaping Bunny
*Vegan Action
*B Corp
*Non-GMO Project
*OK Kosher


Oia, sabun ini berbahan dasar minyak organik loh, ini dia bahan-bahannya:

  • coconut oil: mengandung lauric acid yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk kulit sensitif.
  • olive oil: mengandung oleic acid yang dapat melembabkan kulit dan menghasilkan busa yang lembut.
  • jojoba oil: minyak ini sangat mirip dengan minyak alami tubuh (sebum) yang dapat membuat produksi sebum pun terkontrol dengan baik dan tidak ada minyak berlebih di kulit yang bisa menyebabkan jerawat. 
  • palm kernel oil: dapat menghasilkan busa alami yang melimpah.


DR. BRONNER'S LAVENDER PURE CASTILE SOAP

237 ml
Ingredients:
Water, Organic Coconut Oil*, Potassium Hydroxide**, Organic Palm Kernel Oil*, Organic Olive Oil*, Lavandin Extract, Organic Hemp Oil, Organic Jojoba Oil, Lavender Extract, Citric Acid, Tocopherol

Suka banget packagingnya, simple tapi cantik, dan didominasi warna ungu pastel. Di dalam tutupnya terdapat segel aluminium yang harus dibuka terlebih dahulu sebelum dipake. 


Awalnya kukirain bakal agak thick gitu tekturnya, tapi ternyata agak cair. Sabun ini mengandung lavandin oils yang wanginya dapat menenangkan tubuh dan pikiran :). Meskipun sabun ini organik dan tidak mengandung deterjen atau foaming agent , ternyata busanya cukup melimpah loh!


DR. BRONNER'S ROSE PURE CASTILE SOAP


59 ml
Ingredients:
Water, Organic Coconut Oil*, Potassium Hydroxide**, Organic Palm Kernel Oil*, Organic Olive Oil*, Natural Rose Fragrance, Organic Hemp Oil, Organic Jojoba Oil, Citric Acid, Tocopherol

Packagingnya manis bewarna pink. Untuk yang varian rose ini, aku dapetnya yang kemasan travel size 59 ml, kemasan kecil yang praktis untuk dibawa ke mana-mana, dan cocok banget buat kalian yang mau coba-coba dulu. Untuk wanginya, wangi rose yang cukup soft, dan teksturnya mirip dengan yang varian lavender agak cair gitu.


DR. BRONNER'S BABY UNSCENTED PURE CASTILE SOAP


59 ml
Ingredients:
Water, Organic Coconut Oil*, Potassium Hydroxide**, Organic Palm Kernel Oil*, Organic Olive Oil*, Organic Hemp Oil, Organic Jojoba Oil, Citric Acid, Tocopherol

Suka banget warna packagingnya baby blue , birunya soft soft banget. Varian ini adalah varian yang paling aman untuk kulit karena terbuat dari minyak organik yang paling murni, double olive oil, dan tanpa pewangi sama sekali, jadi aman untuk yang memiliki kulit sensitif bahkan bisa buat bayi juga. Cuma kalau buat bayi harus hati-hati pas pakeinnya jangan sampai kena mata, karena sabun ini bukan termasuk produk “tear-free” jadi bisa pedih dimata bayi. 

Thanks Dr.Bronner Indonesia X Jakarta Beauty Blogger sudah memberi kesempatan untuk mencoba produk-produk ini  

Bagi kalian yang tertarik, kalian bisa beli di Tokopedia , Shopee, Sociolla, dan Guardian  

Thanks for reading and see you on my next post

You Might Also Like

2 komentar

  1. Uwooowww 18in1, ini mah super duper multifungsi ya Dev, apalagi ada kemasan travel sizenya juga yg imut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya multifungsi banget ini beb, kemasan travel sizenya bisa untuk coba-coba dulu :)

      Hapus